BASS.COM PRODUCTION PERCETAKAN DAN PENGETIKAN

17:45 Ubbadul Adzkiya' 0 Comments

Di tengah permukiman para mahasiswa, lebih tepatnya kos-kosan. Kehidupan mahasiswa tidak jauh dari urusan kuliah dan tugas. Dengan memanfaatkan sebuah lingkungan kos-kosan mahasiswa berdiri sebuah usaha kecil yaitu Pengetikan dan percetakan. Nama usaha tersebut Bass.com, nama ini terinspirasi dari alat untuk menampung sebuah makanan dan sebagainya, yang kapasitasnya lumayan banyak.
Pendiri berharap dari filosofi nama tersebut akan bisa sesuai dengan fungsinya alat tersebut yang bisa menampung banyak, dalam konteks usaha bisa menerima segala keluhan konsumen dari pelbagai hal.
Pada mulanya Bass.com hanya terbatas pada wilayah pengetikan dan print, namun lambat laun dibukalah cetak foto, kartu nama, setting buku dan macam desain bisa menerima. Selain itu usaha ini merima jasa percetakan meliputi buku, jurnal, spanduk, MMT, ID card.

Dari segi tempat usaha ini masih bersifat ngontrak sebuah kamar dari sebuah rumah yang menerima kos-kosan, jadi selain buat usaha juga dibuat tempat istirahat dan menginap ketika malam. Lokasi yang berukuran 3x3 meter ditata sebagus dan seefektif mungkin.
Usaha ini dipelopori oleh satu orang, dan melibatkan 2 orang karyawan. Ketiga orang hidup bersama dan sekaligus tinggal di tempat usaha. Walaupun dalam kesibukannya sebagai mahasiswa ketiga orang tersebut berusaha untuk tetap profesional dalam pekerjaan. Kantor dan tempat usaha lebih tepatnya terletak di wilayah Tanjung Sari Ngaliyan di kerumunan kos mahasiswa. Dilihat dari segi daerah memang sangat strategis untuk usaha jasa pengetikan, sehingga mempunyai penghasilan yang cukup lumayan.



Bass.com mempunyai link kerja dan jaringan usaha ke banyak para senior dan para pengusaha muda, hal ini meliputi dalam masalah tender dalam berbagai proyek pengadaan barang, ataupun dalam percetakan buku.
Ada satu lagi yang baru ditekuni dari mereka adalah shooting dan editing video, dalam berbagai kesempatan menerima shooting pernikahan, acara-acara seminar, out bond, dan lain sebagainya. Harapan ke depan mudah-mudahan menjanjikan batu loncatan ke taraf yang lebih baik dan menjanjikan.

Analisis SWOT
IFAS : Internal Strategic Factor Analyze Summary



EFAS : Eksternal Strategic Factor Analyze Summary STRANGTH
(Kekuatan)
 Keahlian para kru dalam desain
 Segala pesanan bisa diterima
 Para kru ramah dalam komunikasi dengan pelanggan WEAKNESS
(Kelemahan)
 Para karyawan banyak kesibukan
 Semua kru masih kuliah
 Aktif dalam berbagai organisasi
OPPORTUNITIES (Peluang)
 Lokasi yang strategis
 Dukungan dari lingkungan sekitar
 Punya jaringan yang luas Strategi SO
 Kembangkan komunikasi dengan lingkungan sekitar
 Database para jaringan untuk jangka panjang ke depan
Strategi WO

 Manfaatkan seluruh teman dan kawan dalam organisasi untuk menjaring pelanggan
 Optimalkan para mitra yang ada
TREATHS
(Ancaman)
 Maraknya rental pengetikan baru
 Habis masa kontrak kos-kosan
 Kru yang tidak ontime
 Jadwal kuliah yang berbenturan
Strategi ST

 Sajikan kelebihan pelayanan dengan bakat yang dimiliki
 Manfaatkan waktu luang untuk bekerja tambahan
 Pererat Komunikasi antar kru Strategi WT

 Tanamkan komitmen pada setiap kru sehingga tidak menghambat kinerja
 Buat kesepakatan yang pasti dengan para pelanggan



0 komentar: