Pondok Damai; Praktik Dialog Antar Agama di Semarang

21:09 Ubbadul Adzkiya' 0 Comments

Mengusung misi yang sangat mulia yakni perdamaian dan menyemai toleransi antar umat beragama. Acara tersebut diikuti oleh beberapa orang dari berbagai agama dan kepercayaan. Hal yang menjadi menarik dan berkesan dalam acara tersebut adalah dimana semua peserta berkumpul melakukan sejumlah kegiatan dan live in (tinggal bersama) selama tiga hari dua malam. Untuk format acara, sebenarnya cukup sederhana tetapi di kemas dengan unik. 

Dimulai dari diskusi, nonton film, games, pentas seni, serta berkunjung ke tempat ibadah umat agama lain. Tak hanya itu, para peserta pun melakukan aktifitas makan dan tidur secara bersama-sama.
Setiap kamar di haruskan untuk diisi dari peserta yang beda agama, agar tak ada sekat dan perbedaan antara peserta dari satu agama dan agama lain. 

Semua bergaul dan bercengkrama menikmati indahnya kebersamaan.
Kegiatan pun diisi dengan santai dengan semangat kekeluargaan. Sehingga penetrasi tentang pesan moral tentang misi acara tersebut dapat dipahami oleh peserta dengan baik. Tidak ada teori maupun argumen-argumen keagamaan yang diberikan. Semua natural dan berusaha untuk saling terbuka.

Selengkapnya dapat dilihat/klik di E-Jurnal eLSA Semarang.  

0 komentar: